Senin, 03 Desember 2018

produksi media pembelajaran geografi - RPP KELAS X materi flora fauna

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BAB 2 BIOSFER
PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA

Satuan Pendidikan       :    SMA NEGERI 4 MALANG
Mata Pelajaran            :    Geografi
Kelas/Semester           :    XI / 1
Alokasi Waktu             :    4 Pertemuan, @ 90 menit

A.     KOMPETENSI INTI           

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan pro aktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2 Menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristikekosistem
4.2  Membuat peta persebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia yang dilengkapi gambar hewan dan tumbuhan endemik.
·        Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna
·        Menjelaskan persebaran flora dan fauna di Indonesia
·        Mengklasifikasikan persebaran flora dan fauna di Indonesia
·        Mengemukakan upaya konservasi flora dan fauna di Indonesia.
·        Menjabarkan pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia.
·        Membuat peta sebaran flora dan fauna di Indonesia.



C.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna
2.      Persebaran flora dan fauna di Indonesia
3.      Upaya konservasi flora dan fauna di Indonesia
4.      Pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia

D.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
A.       Kegiatan Pembelajaran
PertemuanPertama (2 x 45 menit)
AlokasiWaktu
Pembuka
·        Siswa diminta menyanyikan lagu garuda pancasila
·        Siswa disampaikan mengenai tujuan pembelajaran pada bab biosfer tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia.
·        Siswa ditanya tentang pengertian biosfer
·        Siswa diberi pertanyaan tentang flora dan fauna khas Indonesia

·        Inti
·        Siswa diminta mengamati slide yang ditayangkan
·        Siswa diberi pertanyaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna dan tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia.
·        Siswa diminta mencari literatur atau informasi terkait dengan pertanyaan yang diberikan
·        Siswa diminta berpasangan dengan siswa lain dan mengkolaborasikan atau mendiskusikan jawabannya
·        Siswa secara berpasangan diminta untuk mengkomunikasikan atau mempresentasikan hasil diskusi
·        Siswa diminta memperhatikan dan mengamati hasil presentasi kelompok yang sudah maju  kedepan.
·        Kelompok atau pasangan lain menanggapi jawaban yang dipresentasikan

c. Penutup
·        Siswa diberi pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari hari ini
·        Siswa diminta untuk memperhatikan penguatan materi tentang persebaran flora dan fauna
·        Siswa diinformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

15 menit
3 menit
3 menit


4 menit
5 menit


60 menit
10 menit
5 menit


15 menit

15 menit


10 menit


5 menit


15 menit

5 menit

5 menit

5 menit

B.       Metode Pembelajaran
Pendekatanumum         :  Scientific
Strategipembelajaran    :  Team learning
Metode                        :Think Pair Share (TPS)

C.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media     :  Power point (ppt) persebaran flora dan fauna
2. Alat        :  Laptop, LCD, Proyektor
3. Sumber   :  Buku Geografi Tumbuhan dan Hewan, internet, literatur ilmiah seperti jurnal



Pertemuan ke II
A.    Kegiatan Pembelajaran
PertemuanPertama (2 x 45 menit)
AlokasiWaktu
Pembuka
·        Siswa diminta untuk menyayikan lagu satu nusa satu bangsa
·        Siswa diberi pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya
·        Siswa diberi penjelasan tentang kompetensi dasar yang akan dicapai

Inti
·        Siswa dibentuk menjadi 7 kelompok dengan jumlah anggota kelompok 5 orang
·        Siswa diminta untuk mencari literatur atau informasi tentang persebaran flora di Indonesia
·        Siswa diberi LKS

Penutup
·           Siswa diberi penjelasan terkait hal apa saja yang harus diperbaiki dalam proyek yang dihasilkan
10 menit
3 menit

4 menit

3 menit


70 menit
3 menit

12 menit

55 menit



10    menit

B.     Metode Pembelajaran
Pendekatanumum         :  Scientific
Strategipembelajaran    :  Team learning
Metode                        :Project Based Learning

C.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Alat        : Alat  tulis
2.    Sumber: Peta Indonesia




Pertemuan ke III
A.    Kegiatan Pembelajaran
PertemuanPertama (2 x 45 menit)
AlokasiWaktu
Pembuka
·        Siswa diminta untuk menyayikan lagu satu nusa satu bangsa
·        Siswa diberi pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya
·        Siswa diberi penjelasan tentang kompetensi dasar yang akan dicapai

Inti
·        Siswa dibentuk menjadi 7 kelompok dengan jumlah anggota kelompok 5 orang
·        Siswa diminta untuk mencari literatur atau informasi tentang persebaran fauna di Indonesia
·        Siswa diberi LKS

Penutup
·           Siswa diberi penjelasan terkait hal apa saja yang harus diperbaiki dalam proyek yang dihasilkan
10 menit
3 menit

4 menit

3 menit


70 menit
3 menit

12 menit

55    enit



10 menit

D.    Metode Pembelajaran
Pendekatanumum         :  Scientific
Strategipembelajaran    :  Team learning
Metode                        :Project Based Learning

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
            Alat        : Alat Tulis
Sumber: Peta Indonesia




Pertemuan IV
A.  Kegiatan Pembelajaran
PertemuanPertama (2 x 45 menit)
AlokasiWaktu
Pembuka
·        Siswa disampaikan mengenai tujuan pembelajaran bab biosfer tentang konservasi flora dan fauna dan pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia.
·        Siswa diberi penjelasan kaitan materi yang akan dipelajari dengan materi yang dipelajari sebelumnya
·        Siswa ditanya tentang pengertian konservasi

Inti
·        Siswa diminta membentuk kelompok sebanyak 7 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 siswa
·        Siswa diminta mengamati video yang ditayangkan tentang flora dan fauna di Indonesia
·        Siswa ditanya mengenai informasi apa yang didapat dari video yang ditayangkan
·        Siswa ditanya masalah apa yang terdapat dalam tampilan video tersebut
·        Siswa ditugaskan untuk mencari literature atau sumber mengenai materi konservasi flora dan fauna serta pemanfaatan keanekaragam hayati di Indonesia
·        Siswa diminta untuk berdiskusi dan berkolaborasi memecahkan masalah tersebut.
·        Siswa diminta berkolaborasi dalam kelompok untuk mencari solusi dari masalah tersebut
·        Siswa diminta untuk berdiskusi tentang pemanfaatan keanekaragam hayati di Indonesia
·        Siswa diminta untuk mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok dengan cara mempresentasikannya
·        Siswa diminta memperhatikan dan mengamati hasil presentasi kelompok yang sudah maju kedepan.
·        Siswa diminta mengevaluasi dan mengutarakan pendapatnya
·        Siswa diminta menyimpulkan hasil pembelajaran atau diskusi hari ini

Penutup
·        Siswa diminta menjawab pertanyaan mengenai diskusi hari ini secara lisan
·        Siswa dimintau ntuk memperhatikan penguatan materi pola keruangan desa
·        Siswa diminta mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

10 menit
3 menit


3 menit

4 menit

70 menit
3 menit

7 menit

5 menit

5 menit

10 menit



10 menit

5 menit

10 menit

10 menit



3 menit

2 menit



10 menit
4 menit

4 menit

2        menit

B.   Metode Pembelajaran
Pendekatan umum        :  Scientific
Strategi pembelajaran   :  Case Study
Metode                        :Problem Based Learning

C.  Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media   : Video flora dan fauna di Indonesia
2.    Alat      :Laptop, LCD, Proyektor
3.    Sumber:Buku Geografi Tumbuhan dan Hewan, internet, literatur ilmiah seperti jurnal



E.PENILAIAN
1.      Jenis/Teknik Penilaian
·        Sikap
-         Pengamatan (Observasi)
-         Penilaian diri
·        Pengetahuan
-         Tes tertulis
·        Keterampilan
-         Portofolio
-         Tes praktik
2.      Bentuk instrumen
·        Sikap
a.       Sikap spiritual
Pedoman Observasi Sikap spiritual
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi Pokok :
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Berdo’a sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4.
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5.
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Pedoman Penilaian Diri Sikap Spiritual
Petunjuk
1.      Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.      Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1.
Saya semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari ilmu pengetahuan




2.
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan




3.
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan




4.
Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum




5.
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaran Nya




Jumlah




Keterangan:
· SL = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
· SR = sering, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
· KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
· TP = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

b.    Sikap Peduli
Pedoman Observasi Peduli
Petunjuk :
Berilah tanda (√) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi Pokok :
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Aktif dalam kerja kelompok




2.
Mengembalikan barang yang dipinjam




3.
Melakukan apa yang harus dilakukan tanpa disuruh/diminta




4.
Dapat memaafkan kesalahan orang lain




5.
Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan




Jumlah Skor





Pedoman Penilaian Diri Sikap Peduli
Petunjuk
1.              Bacalah pernyataa  yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.              Berilah tanda (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehatri-hari



No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1.
Saya aktif dalam kerja kelompok




2.
Saya mengembalikan barang yang dipinjam




3.
Saya melaksanakan apa yang harus dilakukan tanpa disuruh/diminta




4.
Saya memaafkan kesalahan orang lain




5.
Saya berada membantu orang lain tanpa mengharap imbalan




Keterangan :
· SL = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
· SR = sering, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
· KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
· TP = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
·      Pengetahuan
3.2.1        Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran floran dan fauna
Faktor apa saja yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna?
3.2.2        Menjelaskan persebaran flora dan fauna di Indonesia
Bagaimana persebaran flora dan fauna di Indonesia?
3.2.3        Mengklasifikasikan persebaran flora dan fauna di Indonesia
Bagaimana klasifikasi persebaran flora da fauna di Indonesia?
3.2.4        Mengemukakan upaya konservasi flora dan fauna di Indonesia
Bagaimana upaya konservasi flora dan fauna yang dilakukan di Indonesia?
3.2.5        Mencontohkan pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia
Sebutkan contoh pemanfaatan keanekaragam hayati di Indonesia
4.2.1    Membuat peta persebaran flora dan fauan di Indonesia (tugas project)




Rubrik atau Pedoman Penilaian
Benar = 2
Kurang benar = 1
Tidak dijawab = 0
(Jumlah point benar : 2) x 5
Contoh: point benar = 18
(18:2)x 5 = 90

Rubrik Penilaian Lembar Kegiatan Siswa
Kegiatan: membuat peta persebaran flora dan fauna di Indonesia .
Produk: peta persebaran flora dan fauna di Indonesia
Aspek yang dinilai
Skor
Jumlah skor
4
3
2
1
Kejelasan isi peta





Kerapian gambar





Komponen peta terpenuhi (judul, orientasi, legenda, skala, garis astronomis,tahun pembuatan)





Kesesuaian warna dan gambar yang ditempelkan






Keterangan:
4= baik sekali
3= baik
2= cukup
1= kurang
Penskoran: Jumlah skor yg didapat/16 x 100



                                                                                Malang, 24 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMAN 4 Malang                                                          Guru Mata Pelajaran



Drs. Imam Suja’i                                                                        Avi Raudlotul Ilmi
NIP 19620618 198802 1001                                                    NIM 150721600777




Tidak ada komentar:

Posting Komentar